Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 58 - Al-Quran Tanda Kebesaran Allah
Selasa, 2 Agustus 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 58 – Al-Qur’an Tanda Kebesaran Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 28 Dzulhijjah 1443 H / 28 Juli 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 58 – Al-Qur’an Tanda Kebesaran Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ذَٰلِكَ نَتْلُوهُ عَلَيْكَ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ

“Demikianlah Kami bacakan kepada engkau sebagian ayat-ayat Kami dan peringatan yang bijaksana.” (QS. Ali Imran[3]: 58)

Ayat yang mulia ini mengandung beberapa pelajaran.

Allah ‘Azza wa Jalla berbicara tentang Al-Qur’an, Allah berfirman: “Demikianlah Kami bacakan kepada engkau…” tilawah ini adalah tilawahnya Allah secara hakiki dan disampaikan oleh Jibril kepada Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan ada kemungkinan bahwa tilawahnya ini tilawahnya Jibril, akan tetapi Jibril adalah utusan Allah. Tentunya perbuatannya disandarkan kepada Allah. Ini seperti firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ ‎﴿١٦﴾‏ إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ ‎﴿١٧﴾‏ فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ ‎﴿١٨﴾

“Janganlah engkau gerakkan lisanmu agar engkau segera untuk menguasainya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami Al-Qur’an itu Kami kumpulkan di dada engkau dan bacaannya. Apabila Kami membacanya, maka ikutilah bacaannya.” (QS. Al-Qiyamah[75]: 16)

Di sini Allah berfirman “Apabila Kami membacanya,” dan sesuatu yang maklum yang membaca adalah Jibril ‘Alaihissalam.

Al-Qur’an Tanda Kebesaran Allah

Al-Qur’an Al-Karim merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ…

“Ia merupakan ayat-ayat yang jelas yang ada di dada-dada orang yang berilmu…” (QS. Al-‘Ankabut[29]: 49)

Ia merupakan ayat-ayat yang agung. Ayat-ayatnya sangat banyak, bahkan setiap satu ayatnya yang mengandung beberapa ayat. Akan tetapi tidak ada yang bisa memahami ayat-ayat ini melainkan orang yang Allah buka hatinya dengan keimanan dan amal, dan ia meyakini bahwa Al-Qur’an ini merupakan firman Allah dan bahwasanya di dalam Al-Qur’an itu ada ayat-ayat yang jelas.

Adapun yang hanya membacanya secara berlalu demikian saja, hatinya tidak tergerak untuk memperhatikan ayat-ayat ini, maka ia tidak akan bisa mengambil manfaat dari apa yang ada di dalam Al-Qur’an berupa ayat-ayat yang disebut.

Wajib untuk engkau beriman bahwa di dalam Al-Qur’an ada ayat-ayat dan engkau berusaha untuk mengeluarkan ayat-ayat tersebut dengan tadabbur. Seseorang apabila mentadaburi Al-Qur’an ia akan mendapatkan padanya ayat-ayat yang agung yang tidak bisa dihitung oleh manusia.

Al-Qur’an Merupakan Dzikir

Allah berfirman di sini: “Demikianlah kami bacakan kepada engkau dari ayat-ayat dan dari peringatan yang bijaksana.”

Akan tetapi pertanyaannya apakah dzikir ini dzikir yang dengannya seseorang mendekatkan dirinya kepada Allah atau dzikir disini yang dimaksud adalah dzikir agar manusia menjadi mendapat peringatan?

Kami telah menyebutkan bahwa makna dzikir ini mencakup makna yang pertama dan yang kedua. Artinya dengan kita membaca Al-Qur’an, maka dengannya kita pula mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia merupakan dzikir yang bisa mendekatkan diri kepada Allah. Karena orang yang membacanya akan mendapatkan pahala satu hurufnya dilipatgandakan menjadi 10 pahala.

Makna dzikir yang kedua bahwa Al-Qur’an merupakan dzikir (peringatan) yang dengannya manusia mengingat Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَذِكْرَىٰ لِمَن كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ ‎

“Sesungguhnya di dalam yang demikian itu ada peringatan bagi orang yang memiliki hati atau orang yang menggunakan pendengarannya dan dia menyaksikan.” (QS. Qaf[50]: 37)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 58 – Al-Qur’an Tanda Kebesaran Allah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51972-tafsir-ali-imran-ayat-58-al-quran-tanda-keberasaran-allah/